WORKSHOP HIBAH PENGABDIAN MASYARAKAT : STRATEGI MEMENANGKAN HIBAH KEMENRISTEKDIKTI

Pelaksanaan  pengabdian  kepada  masyarakat merupakan salah satu dharma dalam tri dharma perguruan tinggi. Dengan melakukan pengebadian masyarakat diharapkan  dosen  dapat  lebih  meningkatkan empati,  kepedulian,  kerjasama  secara  multidisipliner  dan berkontribusi  pada  daya  saing  daerah  dan  nasional, serta mendorong  terciptanya learning  community.   Selain  itu, perguruan  tinggi  juga  memiliki  kewajiban  moral  untuk peduli pada kelompok masyarakat yang tertinggal dengan memberdayakan mereka agar dapat mengangkat martabat mereka sendiri.

Unsur pengabdian masyarakat pada saat ini menjadi hal sama pentingnya denga dua dharma lainnya, yaitu pendidikan dan penelitian. Hal ini terlihat dari beberapa indicator :

  1. Peningkatan nilai dana hibah pengabdian pada Kemenristekdikti dengan meragamkan skim pengabdian masyarakat
  2. Pengabdian masyarakat menjadikan indicator penting dalam akreditasi baik institusi, fakultas maupun progdi.
  3. Dalam pemeringkatan perguruan tinggid dan kinerja LPPM, pengabdian masyarakat juga memiliki peran penting.

Sehubungan dengan itu, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Stikubank Semarang melaksanakan kegiatan workshop pengabdian masyarakat dengan tema Strategi Memenangkan Hibah Pengabdian Kemenristekdikti. Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh dosen Unisbank dengan narasumber Dr. Ir. Lasmono Tri S, M.Sc Yang merupakan reviewer hibah pengabdian masyarakat di Kemenriktekdikti.

Workshop dibuka oleh rektor Unisbank Dr, Safik Faozi, SH, M.Hum, dalam sabutannya mengatakan bahwa sebagai institusi pendidikan, Unisbank memberikan perhatian yang tinggi untuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan jejaring dengan masyarakat, instansi swasta maupun pemerintah. Dengan terjalinnya jejaring ini diharapkan terjadi sinergi antara Unisbank dan stake holder.

Sementara itu, kepala LPPM Unisbank Dr. Agus Budi Santosa, M.Si menjelaskan pentingnya peningkatan kualitas dan kuantitas proposal pengabdian kepada masyarakat, sehingga jumlah pengabdian masyarakat yang didanai oleh Kemenristekdikti akan meningkat. Hal tersebut akan sangat mendukung kinerja pengabdian masyarakat melalui luaran hasil dari pengabdian masyarakat. Untuk merealisaikan tujuan workshop tersbut, LPPM Unisbank akan menindak lanjuti kegiatan tersebut dengan melaksanakan klinik proposal pengabdian masyarakat.

Incoming search terms:

  • narasumber memenangkan hibah pengabdian masyarkat