STRATEGI MEMENANGKAN HIBAH KEMENRISTEKDIKTI

Kemenristekdikti memberikan fasilitas pendanaan bagi dosen-dosen yang akan melakukan penelitian. Fasilitas tersebut diberikan dalam bentuk skim-skim penelitian baik itu yang bersifat desentralisasi maupun kompetitif nasional. Selain itu, skim penelitian juga mewadai semua bidang ilmu dalam perguruan tinggi. Luaran dalam penelitian hibah penelitian menjadi unsur yang penting untuk didanai atau tidaknya suatu proposal penelitian. Dari luaran penelitian diharapkan diperoleh artikel yang diterbitkan oleh jurnal internasional bereputasi, hak kekayaan intelektual, model atau prototipe, buku ajar dsb.. Luaran penelitian tersebut sangat penting bagi dosen (peneliti) sebagai hasil karya yang akan menunjang dalam kenaikan JAFA maupun institusi dalam hal akreditasi baik program studi maupun universitas.

Untuk mencapai tujuan proposal yang didanai kemenristekdikti, maka LPPM Universitas Stikubank mengadakan workshop hibah penelitian dengan tema Strategi Memenangkan Hibah Kemenristekdikti. Pada kegiatan tersebut, LPPM Unisbank mengundang narasumber Prof. Dr. Ir. Sony Heru Priyanto, M.M yang merupakan reviewer nasional Kemenristekdikti dan memiliki banyak pengalaman dalam skim-skim penenelitian.Prof. Sony menjelaskan strategi yang harus dilakukan oleh dosen agar proposal yang diajukan dapat didanai. Strategi tersebut menyangkut sistematika proposal baik judul,abstract, latar belakang sampai dengan metode penelitian serta rencana anggaran biaya.

Workshop dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Edy Winarno, M.Eng yang dalam sambutannya mengemukakan bahwa Salahsatu tolok ukur kinerja dosen adalah pelaksnaan penelitian. Kegiatan penelitian ini dianggap penting karena penelitian adalah hasil pemikiran seorang dosen yang nantinya dapat digunakan untuk masyarakat. Sementara itu kepala LPPM Dr Agus Budi Santosa, M.Si dalam sambutannya menjelaskan perlunya partisipasi dosen dalam mengikuti hibah kompetisi pada berbagai skim penelitian. Hal ini diharapkan akan meningkatan jumlah proposal yang nantinya lolos pendanaan hidah penelitian dari Kemenristekdikti tahun mendatang. “Dosen perlu dipacu untuk menuliskan proposal untuk mendapatkan hibah, hal ini nantinya akan berimbas pada peringkat Universitas” ungkapnya. Workshop ini diikuti oleh lebih dari 150 peserta dikalangan Dosen Unisbank dan beberapa peneliti. Selaku Moderator adalah Kepala Bidang Penelitian LPPM Unisbank Dr. Ceacilia Srimindari, M.Si.