Workshop Penulisan Proposal Penelitian Hibah Kemenristekdikti 2018

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Stikubank Semarang pada hari Jumat tanggal 20 April 2018 telah menyelenggarakan kegiatan bertajuk “Workshop Penulisan Proposal Penelitian” dengan tema “Optimalisasi Kinerja Penelitian melalui Hibah Kemenristekdikti dan Luarannya”. Kegiatan workshop ini menghadirkan nara sumber Prof. Dr.rer.nat. Heru Susanto, S.T., M.M., M.T. yang sekarang menjabat sebagai Kepala LPPM Universitas Diponegoro dan juga merupakan reviewer nasional Kemenristekdikti sekaligus anggota tim penyusun Panduan Simlitabmas Edisi XII 2018. Bertindak sebagai moderator pada acara ini adalah Dr. Edy Winarno, S.T., M.Eng. (Sekretaris LPPM Universitas Stikubank) dan acara ini dihadiri oleh seluruh dosen di lingkungan Universitas Stikubank Semarang. Acara workshop dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor bidang I Universitas Stikubank Dr. Katharina Rustipa, M.Pd.

Kepala LPPM Universitas Stikubank Semarang Dr. Agus Budi Santosa, M.Si. dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan workshop penulisan proposal ini diikuti oleh sekitar 160 dosen Universitas Stikubank Semarang yang akan menyiapkan proposal penelitian hibah Kemenristekdikti yang akan dibuka pada April/Mei 2018 ini.

Prof. Heru Susanto pada kesempatan ini menjelaskan tentang perubahan tatacara dan mekanisme pengiriman proposal penelitian sesuai dengan Panduan Simlitabmas edisi XII dengan beberapa perubahannya. Pada kesempatan ini pula dijelaskan tata cara penulisan proposal penelitian dilihat dari sudut pandang metodologi penyusunannya dan substansi tentang tema penelitian yang sebaiknya dilakukan.

Pada kesempatan terpisah setelah acara workshop usai, Dr. Agus Budi Santosa, M.Si. selaku Kepala LPPM Universitas Stikubank Semarang juga menyatakan bahwa acara workshop ini sangat bermanfaat khususnya bagi dosen yang akan menyiapkan proposal penelitian hibah Kemenristekdikti 2018. Diharapkan setelah acara workshop ini setiap dosen dapat segera menyiapkan penulisan proposalnya sehingga secara keseluruhan dapat meningkatkan jumlah proposal yang diajukan. Dengan peningkatan kuantitas dan kualitas proposal tersebut diharapkan pula tahun 2019 dapat mendapatkan pendanaan hibah yang semakin meningkat, sehingga dapat menghasilkan luaran-luaran berupa publikasi internasional bereputasi, Hak Kekayaan Intelektual, prototype serta luaran-luaran lain yang dapat mendukung peningkatan kinerja LPPM yang lebih optimal.

Materi Workshop:

hs_seputar edisi xii

hs_pembuatan proposal