PENINGKATAN KINERJA DOSEN MELALUI PENELITIAN DAN PENGABDIAN INTERNAL

Dosen harus melaksanakan melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi, yang meliputi endidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Ketiga hal ini harusdijalankan secara seimbang. Dalam pelaksanaannya Tri Dharma Perguruan Tinggi selalu menyesuaikan dengan perkembangan zaman, serta lebih mengembangkan budaya akademik agar produktivitas dan kontribusinya. Untuk meningkatkan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi khususnya di bidang penelitian dan pengabdian masyarakat LPPM Universitas Stikubank melaksanakan worshop dengan tema Optimalisasi Kinerja Dosen Melalui Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Internal.
Pada kegiatan tersebut bertindak sebagai nara sumber adalah Dr Agus Budi Santosa,M.Si sebagai kepala LPPM, Dr. Ceacilia Sri Mindarti M.Si sebagai Kepala bagian penelitian dan RR Dewi Handayani, S.Kom, M.Kom sebagai kepala Bagian Pengabdian Masyarakat.

Dosen di Universitas Stikubank Semarang memiliki kewajiban melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat minimal 1 kali dalam satu tahun. Optimalisasi kinerja dosen dapat dilakukan melalui luaran dari penelitian maupun pengabdian masyarakat yang dapat berupa artikel ilmiah pada jurnal, artikel ilmiah pada proceding, hak kekayaan intelektual,pemakalah dalam kegiatan ilmiah dsb. Meningkatnya kinerja dosen akan mendukung dosen secara individu bauik melalui JAFA maupun BKD. Selain bermanfaat bagi dosen, peningkatan kinerja dosen juga bermanfaat baik untuk program studi atau fakultas dan institusi (universitas). Hal ini dapat dilihat pada saat akreditasi pada program studi atau akreditasi institusi. Dengan demikian diharapkan terjadi sinergitas antara Dosen, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat serta Program Studi atau Universitas.